16 Oktober 2009

Perbandingan Oli Repsol Moto 4t Vs. Enduro Racing 4t












Pada awal mendapat motor, saya langsung mengganti oli motor. Saya menjatuhkan pilihan pada oli repsol moto 4t SAE 20w-50. Jalan 100 kilometer pertama, saya puas dengan oli ini, namun setelahnya, sangat tidak menyenangkan. Pertama dimulai dari mesin yang seting terlalu panas, kemudian kopling yang menyentak ketika mesin sedang panas, dan yang paling terasa adalah tarikan mesin yang kurang responsif dan terasa berat. Kemudian, saya terpikir untuk mengganti oli kendaraan saya ini dengan yang lebih bagus. Setelah browsing dan serching di internet dan forum – forum, saya menjatuhkan pilihan kepada oli Pertamina Enduro 4t Racing SAE 10w-40. Oli ini adalah oli semi sintetik. Setelah saya mengganti oli, saya sangat puas karena gejala sakit yang saya alami saat menggunakan oli repsol sudah terobati dengan baik. Sampai saat ini, oli enduro ini telah menempuh jarak +- 500km. dan semuanya masih baik – baik saja. Semoga oli ini dapat terus bekerja dengan baik sampai waktunya.


Berikut Keunggulan dan Kekurangan Oli Pertamina Enduro 4t Racing dibanding Repsol Moto 4t :

    1. Sudah semi sintetik
    2. Kinerja mesin meningkat signifikan
    3. Persneling bekerja dengan baik
    4. Harum (ini yang saya suka)

Kekurangan :


  1. Harganya lebih mahal (beda 15rb – 20 rb)
 

22 comments:

[aip].[web].[id] mengatakan...

kok perbandingan nya dengan SAE yang berbeda? coba enduro 4t racing dengan repsol moto 4t racing juga dunk

yogie_lfiezta mengatakan...

Enduro 4t racing sama shell vsx

Anonim mengatakan...

ga ada yang lebih baik dari motul...
-mizalovike-

Anonim mengatakan...

tergantung motor apa duluh kalau motor besar cocok enduro kalau klas bebek itu cocok Repsol Intinya lihat Sae kendaraannya pake yang mana, ITU yang penting Mas.

Anonim mengatakan...

kalo motor besar pake oli bm1 bagus ga mas???

Daniel Pardede mengatakan...

@all : oli cocok2an aja sih, yg enak sama saya belum tentu sama orang lain.
yang penting jangan sering gonta ganti oli, nanti mesinnya jadi penyesuaian terus...mending kalo udah cocok sama 1 oli, ya pake itu terus aja... :D

Kalo saya sekarang udah enak pake shell ax7 :o

ruditoenk mengatakan...

motor aku satria FU....dan sudah 2 tahun sayapakai...kira2 ontok performa oli,,,SAE berapa ya yg cocok untuk motor saya????Tlong di blas ya!!!!!

ambar's news mengatakan...

motorku mx bagusan mana

repsol mania mengatakan...

perbandingannya kok repsol moto super dengan enduro racing? repsol moto super : mesran super donk.. dasar org awam ngomong seenaknya aja

repsol mania mengatakan...

kenapa gk loe bandingkan mesran 40 dengan repsol sintetico aja..

Anonim mengatakan...

repsol sintetico ajiiiiib...

Anonim mengatakan...

kalo menurut gw. berdasarkan ujicoba di bebek pelawak mamik 125cc.

enduro Racing 4t 10w-40(Untuk Dalam kota)
kelebihan :
- Tarikan enteng
- bensin iritnya jauh dri enduro biasa
- pagi hari mesin bisa langsung star mulus.
kekurangan :
- performa hnya 1000km prtama
- pindah gigi lebih kras dri enduro biasa.
- suara relatif kasar ketika panas

Enduro 4t 20w-50(Oli Turing)
Kelebihan :
- Tarikan halus
- pindah gigi halus
- performa oli awet
kekurangan :
- Bensin jauh lebih boros dri Enduro racing
- Dipanasin agak lama
- Tarikan lebih berat

Anonim mengatakan...

aq pake enduro enak cuma awalnya aja... stlah itu mesin kasar... aq ajip pake castrol power 1.. jos tenan... tari'an enteng power mundak, and mesin halus... monggo d cobi...

Anonim mengatakan...

saya pkai enduro untk mtor vga ZR bru prtma x pke krna biasa sya pke yamalube..tpi kog bru pke 2 mnggu mlah ad yg ga bers dgn prpindahn ggiy..kdang" selip..susah dtmbah/dikurangi gigi prsenelY..

Anonim mengatakan...

enduro 4T racing slalu jadi yang terbaik.

mekanik racing team mengatakan...

Menurut saya, kalo bs pakai oli yg prusahaan yg mengolah minyak bumi krn oli itu merupkan hasil dri pengolahan minyak bumi menjadi bahan bkar.
Contoh : pertamina,shall,total,dll.
Dijamin kualitas lebih baik,dan belilah oli hrga termahal dari dri setiap perusahaan pengolah minyak bumi.pengalaman saya yg telah bekerja di prusahaan pengolaan minyak bumi yaitu shell

cholid dent mengatakan...

Saya pake enduro. Terkadang klo mengurangi gigi. Kaya nyangkut gitu bunyi glok glok... Gimana tuh bosss

oa rios mengatakan...

ane baru pindah dari oli ahm/federal ke enduro 4t racing (motor hsx 125 cw 2008) hasilnya : mesin rada kasar,tarikan rada berat,mesin cepet panas (hg 40rb di jogja).ane perlu oli yang utk pmakaian dalem kota,stop n go.kudu pake oli apa ya?

mekanic bengkel ternama mengatakan...

Repsol tetap lebih jossss...

copperhead mengatakan...

zx 130 pakai repsol moto 4t 7th pakai mantapppp......ga pernah rewel, tarikan ngjoss

Sefry Nugroho mengatakan...

kalo menurut saya sih jika di bandingkan antara repsol dengan pertamina enduro racing mungkin lebih bagus pertamnina enduro racing, karena ini produk Indonesia sehingga lebih mengrti keadaan suhu Indonesia.

jendamalem mengatakan...

Klu oli drum gmn bgus ngk utk motor vixion,udh 2 bln sy pakai,mslah ngk ya?

Poskan Komentar